MALAYSIA = MALINGSIA


 SODARA SEBANGSA dan SETANAH AIR..

mari kita galakkan pemakaian istilah ini: MALINGSIA, karena negara ini memang MALINGSIA..

kalo media malingsia dan orang orang malingsia bilang bahwa indonesia =MAT INDON ——–>  maka : MALAYSIA = MALINGSIA

agak kasar memang, tetapi gak papa di era kebebasan ini 🙂

salam dari Indonesia

84 thoughts on “MALAYSIA = MALINGSIA

  1. kalo saya mengamati dari sudut pandang yg lain ……sapa sih yang tepuk tangan kalo indonesia ama amalay berantem
    ……….cape toh……………….
    terus kapan kita bisa kejar teknologi ama ekonomi nya si bule bule itu
    kita harus sigap ama setingan dan skenario penghambatan dan peerlambatan penguasaan teknologi dan meningkatnya ekonomi oleh masyarakat non bule
    artinya kita dewasa dikit napasih

  2. sayangnya malingsia berfikirnya gak sama dengan yang difikirkan oleh mas.

    jadi capek dech bertepuk sebelah tangan.

    oh ya, malingsia juga mau beli kapal selam lagi, dan gak peduli, berapa TKI kita yang diperlakukan sebagai budak..,

    kalo memang mau baik2, mengangkat bangsa melayu, gaka akan malingsia bergaya kayak gitu..

    jadi ceppe dee

  3. uwah,,,,kagak tau dech nich masalah apa….

    ni juga gak nyalahin malaysia ajah,,,coba tanyakan anak muda sekarang soal budaya negerinya ? mana ngerti…ayam kFc lebih banyak peminatnya daripada ayam kalasan…..

  4. Attack Malaysia with blog!! Boycott produk Malaysia, kalo liat produk di belakangnya ada Made In Malaysia , jangan dibeli! Cari Made In negara lain saja… Buat Bapak2 pengurus negara, JANGAN TAKUT SAMA MALAYSIA Pak.. Apa sih yang ditakutkan? Minimal ngomong dong, atau buat sesuatu!!! Ngga cukup peristiwa Osaka,Batik On Space,Angklung di paten?? Bukan cuma masalah lagu dan bajak membajak Pak.. Harga Diri Bangsa Woooooyy!!!

  5. jangan salahkan aja malysia dulu bagai mana dengan negara kita dulu apa udah peduli para pemimpin2 pada negara dan rakyatnya? karna nga` ada peduli itu mangkanya negara kita diremehkan dan juga masalah TKI, salah sendiri kerja kesana !!!. tapi kalo dipikir juga mau kerja dimana di negara kita ini? cari kerja aja susah harus pake duit pula lagi dan pake deking segalah pusing deh…..

  6. PERANG AMA MALINGSIA GUWA JUGA MAU, ORANG MEREKA ITU BENER-BENER BRENGSEK, WAKTU MEREKA BANGUN MENARA APA TU NAMANYA YANG TINNGI DI SANA ORANG INDONESIA YANG BANGUN, WAKTU MEMBANGUN MEREKA GAK DIUSIR USIR TETAPI SETELAH JADI TU GEDUNG PEKERJA DARI NEGARA KITA TERCINTA INDONESIA DIUSIR DIANGGAP ILEGAL, GAK DIGAJI,DIPUKULIN PULA, ANJING AJA DI KASIH MAKAN BAIK AMA YANG NGASIH MAKAN, INI BANGSA KOK KAYA BEGITU……………, MALINGSIA TU KECIL GAK USAH TAKUT, SENJATA PALING-PALING JUGA BUATAN INDONESIA, GAK USAH TAKUT

  7. memang bener2 kurang ajar negara tetangga kita itu g kya tetangga yang laennya!
    klo kta gw mending g usah ada lgi orang indonesia yang ke sana untuk memperkaya negara peniru itu! dasar orang2nya aja g pda kreatif!

  8. yah mending kita ‘benerin’ dulu deh negara kita tercinta ini. kalo udah bener, pasti si MALING SIA juga ga berani macem2 sama kita. apa lagi mbajak-mbajak + maling2 kekayaan Indonesia.
    kompakin dulu donk Indonesianya!!!

  9. tapi emang bener malingsia itu tukang maling. iini nih pasti mereka miskin kekayaan budaya makanya nyolong nyolong punya negara lain.

  10. Nampaknya penulis2 yg memberi komen tentang ingin mengganyang malaysia
    adalah mereka yang cetek akal..dan lupa jasa Malaysia terhadap negara Indon.
    Patutlah tuhan menurunkan bala seperti tsunami dan gempa bumi..
    Adakah anda terfikir kenapa? dan cuba fikirkan juga kenapa negara anda masih mundur?
    Mungkin kerana rakyatnya hanya pandai berkata-kata tentang mengganyang org lain
    tetapi tidak mahu berusaha memikirkan kelemahan negara sendiri.
    You all are a bunch of hopeless, pathetic loser who only knows how to bark…
    but at the wrong tree.

    1. tunggu yang cetek akal siapa negery malon kan dulu minta belajari dari indonesia apa gak malu lagian emangnya malaysia pernah berjasa dengan indonesia bukanya malah malingin punya indonesia gak malu mungkin kalian memang kuat dalam ekonomi tapi mungkin dalam hal persatuan gak tau deh buktinya brunein dan singapura merdeka dari negeri maling selain itu malingsia sangat pandai dalam hal curiiii

  11. the truly thief in ASIA…

    semua bukan masalah diurus atau gak diurusnya suatu budaya…
    tetapi masalahnya adalah mental mereka yang memang bodoh dan gak kreatif, dan bermental MALING, sehingga gak akan tahan melihat ikan asin, ikan teri ataupun bandeng yang dibIarin ma empunya (Indonesia)

  12. Malingsia???????
    Mereka sih berulah karena memang mereka inferior. Mereka selalu merasa jadi bayang-bayang Nusantara. Apapun ulah mereka toh fakta sejarah selalu membuktikan bahwa mereka adalah bekas wilayah majapahit dan sriwijaya.
    Seelok apapun mereka meng-up grade- seni dan budayanya, yaa … tetap saja dunia mengenalnya sebagai seni budaya yang berakar dari nusantara.
    Apakah mereka akan besar karena membajak seni-budaya Indonesia? Tidak lah, bahkan mereka akan dapat predikat baru “bangsa plagiat” alias “pembajak”. Artinya boro-boro mentas dari rasa inferior, malah semakin kesungsep jadi bangsa tak bermartabat

  13. kurang ajar loe malysia,..,,pa loe belum puas nyiksa para TKW,ngambil poulau sipadan dan linggitan,,..pa ne nmnya etika loe jd orng malysia maling sesukanya,.,.,,..,..,MALYSIA=MALINGSIAAAAA>>
    DASAR NEGARA MALIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNGGGGGG

  14. ui..
    ui..bangun
    sadarin dnk
    klo malaysia tu kurang kreatif n sulit cari inspirasi,,,,
    jadi ajarin dnk biar kagak maling2 melulu kerjaanya,,,ach,,gmna ceh,,makin maju bukanya pinter buat kreasi sendiri malah pikiranya nyolong ,,ck,,ck,,

  15. siti nurhaliza malah ngadem2in klo kita serumpun. so musti baikan. baikan ma maling?ga deh… sebelum mencabut hak2 paten itu n ga ngulangin lg mempatenkan barang, budaya, musik de el el yg jelas2 asli milik bgs indonesia. trus jgn nyaplok2 pulo lg donk! kasian bgt si ga kreatf gt. emang g ada sekolah seni?ga ada makanan asli sono, emang dari dulu makannya apa?kok bs g punya makanan khas?ato g ada pelajaran tentang moral?duh kasian bgt…….

  16. malaysia = malingsia = maling sialan…

    bagi begara asia yang laennya berhati – hatilah terhadap malaysia (malingsia).

    karna bisa2 mencuri dan mengambil serta mengklaim kebudayaan negara lain sebagai miliknya…
    dasar ga punya malu….

    merdeka Indonesia’qu…

    merdeka atau mati!!!!!!

  17. yo wes2..:-)…berbanggalah hati kita sebagai bgsa indonesia..ternyata banyak fans kebudayaan kita di luar sono,.,,,he,,,he,,gak nyangka walupun negara kita perkembangan sdm n tekhnologinya masih jauh ketinggalan ma mereka2,,,but kreatif looch klo masalah kebudayaan….
    but,,,apa yang terjadi ???? koq di colong gak terima dnk..
    grrr,,,,,
    woi wat kita semua klo si sapa tu,,malingsia g sadar2 diri juga,,,,kita bareng2 pertahanin dnk gmn pun caranya asal jangan perang hi,,hi,,,kan masih byak cara laen yg positif n bsa gugah hati yg paling dalam si maling….cie,,,..sekarang nea kita bukan bahas masalah tki kite loooch..inget MALING KEBUDAYAAN….:-)
    kebudayaan kita bro…

  18. BUAT APA KALIAN TERUS MENCACI MAKI MALAYSIA. SIAPAPULA YANG MEMBUAT SITUS SEPEERTI INI. INI JUSTRU MENUNJUKKAN BAHWA BANGSA KITA TIDAK BERJIWA BESAR. LEBIH BAIK KITA PIKIRIN GIMANA CARA NGEMBANGAIN DAN MEMAJUKAN INDONESIA.
    BUAT APA KALIAN TERUS MENCACI MAKI MALAYSIA. SIAPAPULA YANG MEMBUAT SITUS SEPEERTI INI. INI JUSTRU MENUNJUKKAN BAHWA BANGSA KITA TIDAK BERJIWA BESAR. LEBIH BAIK KITA PIKIRIN GIMANA CARA NGEMBANGAIN DAN MEMAJUKAN INDONESIA.

    baca tulisan lengkap saya disini:
    kenapa kalian terus mencerca malaysia

    kama l87.wordpress.com

  19. Gampang Aja sih…. Gak Usah Dateng Ke Malingsia, Gak Usah Kirim TKI, Gak Usah Bikin Kerjasama dengan Malingsia, kata Gus Pur, Gitu Aja Kok Repot…., Tapi Asli : Perlakukan Malingsia ke Negara Kita Emang Udah Keterlaluan, Masalahnya adalah memang ada di Negara Kita Juga, kok pada diem aja tu Pemerintah, Takut Ya? Takut Apaan?

  20. MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-MALINGSIA-

  21. mrk miskin budaya, miskin kreatifitas, mental yahudi nyaplok2 negara org. mari kita jaga persatuan kita……. kalo bung karno msh ada malingsia abis tuh……

  22. Dasar orang primitif… Barbar.. Baru maju sediki aja belagu banget.. Kalau merasa hebat, masa jiplak kebudayaan orang lain.

  23. tanding bulutangkis aja sm kita gk prnh menang, apalagi klo smp perang,gk kebayang bkl hancur lebur,luluhlantah,angus,musnah tuh negara

  24. Yaaa,kenapa sih masih ada orang indonesia yang ngebelain malaysia??apa kalian g merasa tersakiti budaya negara kita diambil sama negara malingsia?apa kalian g fikirkan betapa susahnya pahlawan2 indonesia dulu mempertahankannya untuk kita sekarang??fikirkan donk!!!apa mau ntar budaya2 kita yang lain diambil lagi sama negara monyet tuh??
    Dan buat yang bernama JEBAT,enak aja loe ngatain yang menulis comment disini orang yang berakal cetek!!!seberapa pintar sih loe?gimana rasa persatuan loe?atau mungkin loe takut sama malingsia?atau loe cari makan dari negara malingsia itu,makanya loe bilang gitu???fikir pake otak mas,jangan pake dengkul,asal ketik aja disini..

  25. Hey bangsa maling, elu kan orang bodoh semua bahlul, tak inovatif and kreatif, lebih baik elu dengar lagu IWAN Fals tuh yang liricnya MALING TERIAK MALING SEMBUNYI DI BALIK DINDING, MALINGSIA LARI TERKENCING-KENCING. MALINGSIAAA…!!! Itu lagu cocok buat elu MALINGSIA

  26. GANYANG MALAYSIA..
    NEGARA MISKIN..
    NEGARA KERE..
    SUMBER DAYA..
    HASIL ALAM..
    BUDAYA..
    KESENIAN..
    HANCURIN AJA..
    KERAHKAN AMROZI dkk BUAT NGEBOM TU PETRONAS..

  27. sebenarnya kita tidak perlu bermusuhan seperti ini
    malu lah kita
    kita bukan negara adikuasa kalau lah kita suka bertengkar sama saja kitamenjelek jelekan bangsa kita toh kita sama sama punya masyarakat melayu jadi tuk apa bertengkar lebih baik kita pikirkan setrategi bersama bagiamana memajukan kawasan ASIA TENGGARA agar dapat disegani di asia maupun di dunia apa nggak lelah mikiri bangsa orang lebih baik urus dirimu bagi yang suka mengahrdik sese\ama manusia semakin kotor kaumenghardik orang berarti engkau sedang membuka aib siapa dirimu sebenarnhya. lEBIH BAIK KITA BERDAMAI KITA BERJABAT TANGAN UNTUK MEMAJUKAN APA YANG KITA CITA-CITA KAN Amin. WASSALAMMUALAIKUM

  28. kami semua siap Perang Perang Perang Perang Perang Perang Perang melawan yang menindas bangsa kami Hidup Indonesia

  29. Apa la bodoh sangat korang ni. Korang igat dengan berperang korang akan hidup aman lepas tu. Walau pun malaysia hancur lebur korang boleh maju lepas tu. sebagai bukti korang dah merdeka lebih 10 tahun dari malaysia. tapi tak maju-maju lagi. korang sedar tak pelaburan malaysia dekat indon sangat besar dan lebih 1 juta rakyat indon bekerja dekat malaysia. Tak perlu lah jadi orang bodoh..

  30. dasar maling………..

    klo udah puas maling…………..
    jangan lupa ngaku,,,,,,,,,,
    klo udah ngaku, kamu kudu digebugin…….

    trus mati………

    trus masuk neraka dech !!!!!!!>>>>>>>

    tiada guna kamu hidup di dunia……..
    mendingan kamu mati aza dech !!!!!!!!!!……
    aku ridho ,,, lila hitaala…… !!!!!!!!!!!!

  31. malon(malaysia blo’on) adalah sejenis binatang antara anjing dan babi yang sangat jelek, rasis, arogan, orang kaya baru, noraks bin boraks, bodoh, dungu,miskin,bau,maling,pukikmak,tak tau balas budi, tidak kreatif. kenapa malon bodoh, karena semua pekerja dari level expert sampai kuli adalah orang indonesia, kenapa malon tidak kreatif karena mereka tidak punya kebudayaan dan warisan budaya sehingga harus mematenkan batik, mengklaim angklung, reog, rasa sayange, supaya dunia tahu bahwa malon kaya budaya, tetapi seluruh dunia sudah tahu bahwa malon adalah sekumpulan perampok,perompak,maling,copet,jambret,penjenayah , dan batik,reog,angklung,rasa sayange itu dunia sudah tahu punya indonesia. kenapa malon itu miskin karena negara mereka hanya punya dua pulau makannya harus ambil wilayah indonesia. indonesia sampai kapanpun tidak pernah serumpun dengan malon, ihatemalon, bunga bangkai (bcl) adalah penghianat bangsa

  32. Hey malingsia ! Orang-orang indonesia tak akan sebenci semarah saat ini bila kau tak ambil budaya kami. Kalau kau hendak bersahabat dengan kami tolong batalkan semua patenisasi budaya indoesia. Banyak sudah budaya dan seni indonesia yang dicaplok malingsia. Malingsia merasa bagian dari nusantara, jadi selalu merasa memliki apa yg ada di indonesia. Jangan-jangan nanti combro, karedok,pecel dipaten juga !

  33. Sngat setuju………..
    kita mmang harus kmpak mlawan negara malingsia yang suka maling kekayaan alam indonesia..
    memang malaysia negara ANJING!!!!!!!!!!!

  34. lu indon..dasar indon..mental babu..kuli..tahu koropsi..pergi mampus lu indon..makan tiwul..rebut zakat..rebut antre daging korban..pergi sono urusin negeri mu..

  35. Tai kuching lu kafilah, “anjing menggonggong kafilah cuek aja” hahahhah memang malingsia tai kuching!!!!!!!!!!!!!!!!!!11

  36. hey indonesian

    so wut if we call u indon
    at least ade la jugak half of ur country name
    kitorg x de la pulak menambah2 name korg kn?

    daripada malingsia
    korg pndai2 je ubah
    hello guys

    kalau ye pown dengki
    x yah la smpai ubah name country kitorg
    kalau ye pown marah sgt
    ambil dulu sume org2 indon kat malaysia ney
    da la ramai yg x de permit….
    korg ney sgt memualkn!

  37. “Apa la bodoh sangat korang ni. Korang igat dengan berperang korang akan hidup aman lepas tu. Walau pun malaysia hancur lebur korang boleh maju lepas tu. sebagai bukti korang dah merdeka lebih 10 tahun dari malaysia. tapi tak maju-maju lagi. korang sedar tak pelaburan malaysia dekat indon sangat besar dan lebih 1 juta rakyat indon bekerja dekat malaysia. Tak perlu lah jadi orang bodoh..”

    hey
    i agree with this!

  38. malingsia malingsia..tampang alias wajah pas pasan doyan lagu indonesia suka nyontek budaya pulakkk
    aku kasian banget ama MALINGSIA negara kecil gak diakui dunia..indonesia yang ngakuin kalian kaliii
    numpang pula di kalimantan.manohara itu orang indonesia.EMANG DI MALINGSIA GAK ADA WANITA CANTIK YA?JADI HARUS CARI ISTRI KE INDONESIA?hahahahahahahahaha
    miskn

  39. Maling sia, emang tuh negara ngga ada abisnya kalo bikin onar, coba aja lu bayangin, Tari Reog ponorogo aja di klaim punya dia dari puluhan tahun yang lalu.. Dasar bego, ngga punya otak. Kalo seandainya Maling sia war sama Indonesia, sama aja kaya Indonesia nginjek semut doang.. Kalo gw ngga salah baca nih, INDONESIA ADALAH NEGARA MILITER TERKUAT 12 SEDUNIA. Sedangkan Maling sia, Mana ada bagus2nya tuh negara.. Sekarang lu bayangin, di Maling sia, Band2 Indonesia banyak yang terkenal, Kalo kita Penyanyi maling sia cuma tau siti nurhaliza doang kan.. Hahaha..

    Pokoknya, SEKALI SANG MERAH PUTIH DI GOYAH, SELURUH RAKYATNU MEMBELA!!
    GANYANG MALYSIA!

  40. UNTUK SEMUA SAUDARA-SAUDARA KU INDONESIA, ADA DUA ISTILAH UNTUK MEMANGGIL MUSUH KITA MALAYSIA. UNTUK MENYEBUT NEGARANYA SEBUT DENGAN KATA “MALINGSIA” TAPI KALAU MENYEBUT ORANG NYA PANGGIL DENGAN SEBUTAN “MALON” (SINGKATAN DARI MALAYSIA BLOON). ISTILAH MALON SUDAH DISEPAKATI OLEH NEGARA KITA WAKTU ACARA REALITY SHOW “REPUBLIK MIMPI”, SO KALAU MEREKA MENYEBUT KITA “INDON”, BALAS PANGGIL DENGAN “MALON”. INGAT, INGAT… SEKALI LAGI BIASAKAN LAH SEBUT “MALON” UNTUK ORANG MALINGSIA. OKE?

  41. woi mat2 and minah2 indon sekalian korang semua boleh balikla ke negara korang yg tak maju tu..dahla merempat kat malaysia,merompak,mencuri,penyangak,penyamun,pengotor…semua tu org indon tak sedar diri…hahahaha..syabas polis malaysia!! tembak saja bajingan penjenayah indon sampai mati!

    1. klo berani perang yuk !itupun klo malingsia ada orang laki nya’ klo perempuan semua nggak usah gaya” mang kami lg susah tp tunggu tgl mainnya malingsia kan kami jadikan bangsa buruh AMien.Oh ya para Malon laki” kami ada rok tuk anda

  42. nak perang????gila ape mat2 indon ni….baik kamu guna duit tu majukan lagi negara kamu dong…sebab kamu tak maju mcm malaysia,hahahaha kalau maju takdelah sampai merempat kat malaysia….wat jenayah plak tu…bapak2 indon sekalian tolong nyadari diri dulu ya…

  43. Teman se indonesia..
    kalian kok saling menyalahkan ke malaysia sih??
    coba ingat kok malaysia jauh lebih maju dari kalian..kenapa gitu?
    coba liat malaysia airlines air asia kok ga jatuh?
    produknya cukup berkualitas baik di pasaran indonesia..saya punya buktinya loh..
    kenapa tki di pukul abis-abisan?
    kenapa kalian ga mencoba peningkatan kualitas seperti malaysia ga mencoba belajar dari usaha malaysia dalam meningkatkan mutu kualitas pelayanan dan produknya..
    kenapa kalian cuma bisa keroyokan yang ga jelas dan ga bisa berpikir jernih untuk sesuatu yang positif dan hanya bisa merusak sesuatu karean apa yang kalian harapkan tidak tercapai.
    Teman jangan sia-siakan tenaga kalian cuma untuk mengkambinghitamkan kesalahan orang lain,tapi coba gunakan tenaga kalian untuk sesuatu berguna dan lebih membanggakan diri kalian sendiri.Jangan negatif tapi coba belajar apa yang kurang dari diri kita sendiri, jangan mau menjadikan tenaga kalian cuma untuk hal-hal berguna.
    Coba uang dijadikan alat untuk peningkatan kualitas jangan dijadikan beli senjata atau sesuatu yang hanya bersifat merusak kehidupan ini seperti peralatan perang..Buat apa teman?itu hal bodoh dan merugikan diri sendiri dan orang lain..kenapa mesti merusak bumi yang kita cintai ini dengan kehancuran dan perang yng tidak ada gunanya.
    Amien

  44. gue baca komen orang2 malay or malon or malingsia ini ga ngerti lo !
    Bhasanya itu lo, primitif banget, ga berkembang banget. Gw pnya tmen dkat org malysia dulu, gw suka ngeledekin dia, bhaso lo bhasa sriwijaya kita! Dia ketawa! Dia akui org2 negara dia mandang rendah ngara kita ini, dan dia udah tdk spt itu lg stlah melihat org2 disini BANYAK yg hebat2, dari segi apapun. Gue jujur sakit hati ama ngara tetangga kt ini krn ulah2 mrk, dan mencoba tuk mulai dr yg kecil2 dl, spt memboycott petronas dan ga beli di spbu ini. Sebisa mungkin kt mulailah dgn tdk beli produk mereka. Gw prcaya bgt kekuatan bisnis mempunyai pengaruh yg SANGAT besar tuk phak pmerintah malay jadi ‘baikin kita’
    Ingat lo, pnduduk kita buanyak! Artinya brpengaruh bsar pd ekonomi mrk! Tki tkw emang susah klo kt larang ke sana, krn ini menyangkut mslh perut.

    Akhr kata, gw mencoba tuk tdk membenci org malysia, tp ulah pmerintahnya, krn bnyk org sana yg respect pd indonesia! Believe it !
    Y

  45. mat indon >> indonesial >> gw tahu pemerintah kalian tidak ajarin semua rakyat RI sebab negara kalian overpopulated dan ekonomi kamu sangat rendah berbanding Malingsia… ekonomi dunia jatuh sikit sudah jatuh teruk currency kallian… dan ingat, selagi indon-indon datang cari kerja di Malingsia, kalian akan dihina seteruknya…

  46. Kita sebagai Warga Negara Indonesia harus memboikot produk2 malingsia. Biarin aja SPBU Petronas ada di Indonesia tapi jangan sekali-kali dibeli (haram hukumnya)!

  47. MEMALUKAN BUAT DONG TARIAN SENDIRI. DASAR NEGARA TIDAK KREATIF NYOLONG AJA KERJANYA. TAPI GAK APA2 SICH// MAKLUM, LAGU KEBANGSAANNYA AJA NADANYA DARI LAGU TERANG BULAN.. MALU AH

  48. INDONESIA TETAP BUAT SAYA BANGGA.

    KAMI TAK PERNAH MELUPAKAN BUDAYA KAMI. PERSATUAN ITU KEBANGGAAN KAMI. NEGERI INI SATU-SATUNYA NEGARA MULTIRASIAL, MULTIKULTURAL, DAN MEMILIKI PENDUDUK DENGAN 5 AGAMA YANG BERBEDA. KAMI MEMILIKI TOLERANSI SATU SAMA LAIN, ITU YANG BUAT NEGERI KAMI TETAP BERSATU. COBA LIHAT NEGARA2 LAIN DI LUAR SANA YANG MASIH BERGULAT DENGAN MASALAH INI. SEDANGKAN LIHAT KAMI SUDAH BEBERAPA LANGKAH LEBIH MAJU TENTANG TOLERANSI SUKU, AGAMA, DAN RAS.

    ANDA MAU COBA MENGHITUNG SEMUA ADAT , SUKU, DAN SEMUA KEBUDAYAAN YANG ADA DI INDONESIA?? BANYAK SEKALI KAWAN. DAN KAMI MASIH MEMELIHARANYA. INDONESIA ITU KAYA. PEREKONOMIAN INDONESIA TAK KALAH MAJU, DAN KAMI MAJU TANPA MELUPAKAN KEBUDAYAAN KAMI. ITU YANG BUAT SAYA BANGGA.

    BUAT ORANG MALAYSIA YANG MERENDAHKAN INDONESIA. INTROPEKSI DIRI ANDA. GAJAH DI PELUPUK MATA TAK TERLIHAT, SEMUT DI SEBERANG LAUTAN TERLIHAT. JANGAN MARAH ORANG MALAYSIA JIKA RUMPUT TETANGGA SELALU LEBIH HIJAU? TAK PERLU LAGI MENGAMBIL HAK PATEN YANG SEHARUSNYA MENJADI MILIK KAMI! BANGGALAH DENGAN KEBUDAYAAN KALIAN SENDIRI.

    THANK AND SORRY BEFORE. 😀

  49. BISA DILIHAT BAHASA INDONESIA JAUH LEBIH MAJU. KAMI BANGGA DENGAN BAHASA KAMI SENDIRI, ITULAH MENGAPA DARI TAHUN 1945 HINGGA KINI BAHASA KAMI JAUH LEBIH BERKEMBANG. BAHASA INGGRIS JUGA KAMI GUNAKAN. TAPI BUKAN BERARTI KAMI MENCAMPURADUKKAN BAHASA INGGRIS DALAM BAHASA KAMI. IT’S RIDICULOUS!

    BE PROUD OF YOUR OWN LANGUAGE 😀

  50. NEGERI KAMI KREATIF, KAMI MAJU DALAM HAL BERKESENIAN. INGIN BUKTI BAHWA RAKYAT MALAYSIA JUGA MENIKMATI MUSIK, SINETRON, DAN JUGA FILM KARYA ANAK BANGSA INDONESIA? BISA KALIAN SEBUTKAN SENDIRI BERAPA BANYAK AKTOR, PENYANYI, DAN SEMUA KARYA MEREKA YANG KALIAN KENAL. BANYAK. SEDANGKAN SAYA PRIBADI HANYA MENGENAL BEBERAPA PENYANYI MALAYSIA SAJA. (BAHKAN SAYA TIDAK SAMPAI MENGGUNAKAN KELIMA JARI SAYA UNTUK MENGHITUNGNYA)

    SORRY BEFORE, BUT IT’S OUR FREEDOM TO SPEAK HERE, RIGHT..? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s