Ternyata Pencemaran Susu Formula oleh bakteri “Enterobacter Sakazaki bacteria” sudah terjadi di Tahun 2002


[Update : Ternyata nama nama susu bayi yang tercemar oleh bakteri “Enterobacter Sakazakii” telah banyak di ketahui dan di bicarakan kasak kusuknya di internet via milis dan email. baca lengkap email itu disini]

Sumber : http://www.fda.gov/bbs/topics/NEWS/2002/NEW00849.html

Ternyata, hal yang kita ributkan di Indonesia, telah ada di USA dan Produk Produk di bawah di tarik dari pasaran…

silakan membaca :

FDA ALERTS PUBLIC REGARDING RECALL OF
POWDERED INFANT FORMULA

The Food and Drug Administration today is alerting the public to the voluntary recall of powdered infant formula announced by Wyeth Nutritionals Inc., Georgia, Vermont. Certain lots of powdered infant formula manufactured between July 12 and September 25, 2002, may be contaminated with Enterobacter sakazakii. E. sakazakii is a foodborne pathogen that can in rare cases cause sepsis (bacteria in the blood), meningitis (inflammation of the lining of the brain), or necrotizing enterocolitis (severe intestinal infection) in newborn infants, particularly premature infants or other infants with weakened immune systems. No illnesses have been reported to date in connection with this contamination.

The powdered infant formula was distributed nationwide in retail stores and amounts to approximately 1.5 million cans. The affected products can be identified by an expiration/use by date, embossed on the bottom of the can of: 07 28 05, 08 28 05 and 09 28 05. The products also can be identified by a six-digit character embossed on the bottom of the cans. The first four characters include: K12N through K19N; L07N through L30N; and N03N through N25N. The products include:

* Baby Basics by Albertson’s Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Baby Basics by Albertson’s Infant Formula with Iron 1 LB (454g)
* Baby Basics by Albertson’s Soy Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Baby Basics by Albertson’s Soy Infant Formula with Iron 1 LB (454g)
* Baby Basics by Albertson’s Formula for older infants with iron 1 LB. 15.7 oz (900g)

* Kozy Kids Infant Formula with Iron 16 oz (454g)
* Kozy Kids Soy Infant Formula with Iron 16 oz (454g)

* Hill Country Fare Infant Formula with Iron 32 oz (2 LB) 908g
* Hill Country Fare Infant Formula with Iron 16 oz (1 LB) 454g
* Hill Country Fare Soy Infant Formula with Iron 32 oz (2 LB) 908g
* Hill Country Fare Soy Infant Formula with Iron 16 oz (1 LB) 454g

* HEB Baby Infant Formula with Iron 32 oz (2 LB) 908g

* American Fare Little Ones Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* American Fare Little Ones Soy Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* American Fare Little Ones Formula for Older Infants with Iron & Calcium 1 LB 15.7 (900g)

* HomeBest Soy Infant Formula with Iron 2 LB. (908 g)

* Safeway Select Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Safeway Select Infant Formula 2 1 LB 15.7 oz (900g)

* Healthy Baby Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Healthy Baby Infant Formula with Iron 1 LB (454g)
* Healthy Baby Soy Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Healthy Baby Formula for Older Infants with Iron 1 LB 15.7 oz. (900g)

* Walgreens Infant Formula with Iron 16 oz (454g)

* Parent’s Choice Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Parent’s Choice Infant Formula with Iron 16 oz (454g)
* Parent’s Choice Soy Infant Formula with Iron 2 LB (908g)
* Parent’s Choice Soy Infant Formula with Iron 35oz (1 kg)
* Parent’s Choice 2 Infant Formula with Iron 1 LB 15.7 oz (900g)

The contamination was first detected during a special E. sakazakii sampling FDA conducted at the Vermont facility. This special sampling and analysis is being conducted at all major, domestic manufacturers of powdered infant formula.

Consumers who have purchased the powdered infant formula are urged to return the product to the place of purchase for a full refund. Consumers with questions may contact Wyeth at 1-888-526-5376.

Advertisements

27 thoughts on “Ternyata Pencemaran Susu Formula oleh bakteri “Enterobacter Sakazaki bacteria” sudah terjadi di Tahun 2002

  1. Bagaimanapun ASI tetap Lebih unggul.
    susu yang lain cuma pendukung dunk, dunk!!

    AL Baqarah (2 ) ayat 233
    ” para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya. ……………………… dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain ,maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan”

    (Perhimpunan pecinta air susu ibu ** PERPASI** )

  2. kalo itu memeng benar, dimana pencemaran itu terjadi. ?
    sebab bakteri bisa mati dalam suhu di atas 70 c
    sedangkan untuk membuat susu formula yang saya tahu memputuhkan suhu diatas 100 c.
    dan untuk proses pengemasannya pun sudah serba otomatis
    hampir tidak ada kontaminasi tangan manusia,

    kirim juga literatur bakteri tersebut..?

  3. kalo mau kebal virus, kebal bakteri amalkan wirid ini, insya Allah mustajab. …. :
    termasuk virus flu burung yang sedang heboh …
    Wirid ini sudah di ijazahi oleh KH. R. Fauzi Sulaiman, guru saya yang sekarang mengembara entah kemana, saya salah satu pengikutnya yang khatam dengan wirid ini, dan telah memperoleh kharomah dari wirid.

    Kalau Anda berkenan : baca sebanyak 313 kali subuh dan maghrib, istiqamah….
    “Sirullah, Dzatullah, Sifatullah, Asmaullah, Af’alullah, Wujudullah, Yahuallah 3 X, Allahu 3 X”

    Semoga berhasil, was salam….

  4. Begitu banyaknya yang membahas masalah ini sehingga para pencari berita sering mendapatkan informasi yang beragam dan simpang siur. 😉
    Kalau bagi saya sih, seharusnya kita mampu bertindak seselektif mungkin dalam menentukan berita yang memang sudah teruji akurasinya.

  5. E.sakazakii ini hanya pada formuLa susu bayi aja??
    susu baLita,,susu bubuk fullcream,,susu skim,,susu kental manis,,susu evaporasi,,susu steril,,susu pasteurisasi,,es krim,,dLL yg dr IPS yg terkontaminasi gmn??
    kira2 aman jg dkonsumsi ga??
    i’m miLkhoLic soaLnya..
    saya juga mw Literatur ttg E.sakazakii,,trims

  6. Wah…di Amerika langsung ditarik dan diumumkan yah daftar susu yg terkena bakteri ini. Malah boleh direfund lagi… hebat… hebat… Sementara kita???? Untuk tau merek apa yg terkontaminasi aja… sulit sekali ya? Apa harus nunggu korban berjatuhan? Menyedihkan…

  7. @Fery
    kita tunggu saja, siapa yang masih punya hati nurani
    @YLKI
    semua belum jelas, karena memang kita semua lebih percaya keberadaan pocong dan hantu daripada hasil penelitian.

    @margoncoy
    betul, asi memang yang terbaik, tetapi bagaimana dengan saudara saudara kita yang tidak dikaruniai kesempatan untuk memebrikan ASI dengan berbagai hal (alasan medis) ?

    @bats
    wah, literatur? banyak tuh digoogle 🙂

    @ yukude
    menkes dan pemerintah lebih berpihak pada pemegang modal dan kapital, rakyat nomer sekian, dan juga mereka lebih percaya pada adanya hantu pocong dan suster ngesot daripada hasil penelitian, padahal hal ini udah ada juga di Amerika sejak dulu

    @ donkopings
    no komen, masalahnya bukan kebal atau tidaknya, masalahnya kemauan pemerintah melindungi rakyat dan konsumen indonesia

    @gih_07
    wah, hal yang similar juga telah terjadi di Amerika, dan rupanya ada beda dg kita, kalo di sana pemerintah mau mengambil tindakan tegas, dengan mengumumkan dan menarik semua produk yang bermasalah, disini malah disembunyikan, dan apakah kita tahu ada audit apa gak pada produsen2 nakal yang telah ketangkap bahwa produk mereka terkontaminasi?

    @Street Punk
    betul saudara…
    saya sendiri hanya mencoba membahas masalah ini, dan mengatakan bahwa hal yang sam pernah dan sudah terjadi di Amerika, tetapi dengan cara penanganan masalah yang berbeda.., Disini ditutup rapat dan dibuat seolah olah gak ada apa apa, tetapi di Amerika, hal itu dibuat seterang terangnya masalah.

    @cHia

    🙂

    @ Yuliani
    betul, karena itulah bedanya kita dengan Amerika.
    Mereka pemegang modal dan kapital, kita negara jongos yang mau disetir kapitalis

  8. Gak usah tll resah sih ttg bakteri ini. Krn kan penyakitnya bs timbul kl sistem immun kita/bayi lemah. So, just keep our body keep in health 🙂

  9. DR.Sri Estuningsih peneliti penemu bakteri Enterobacter sakazaki akhirnya buka mulut dan mengatakan susu yang terkontaminasi adalah : bebelac, dancow, bendera, S26 dan SGM2.Untuk bubur Dr.Sri hanya berujar product SUN..

    Via Milis

  10. iya tuh, tp menkes nya koq malah masih sangsi ma hasil penelitian IPB?? padahal dia juga kan dapet gelarnya dari doktor IPB,,,Kalo dia ga percaya, brarti dai ga percaya juga ma dosennya yg dulu…
    malu dong, kan hasil penelitian itu emang benar adanya, terbukti setelah dikaji oleh badan/peneliti lainnya terhadap produk susu formula yg di pasaran…

  11. saya dapat kabar terbaru bahwa ada 6 produk yang tercemar virus sakazaki, DANCOW, SGM, S-26,PRODUK SUN,FRISIAN FLAG,BEBELAC,padahal anak saya sudah hampir 2 th ini mengkonsumsi salah satu produk yang dilarang, sebagai ibu saya ga mau ambil pusing, saya ganti aja dengan merek susu yang lain, untung anak saya mau dan baik-baik saja

  12. anak cikal kami kena gatal2 alergi di mukanya dan sering mencret pakai susu sgm.akhir nya pakai nutrilon soya, selama 6 bulan.tapi harganya makin melambung.akhirnya diturunkan sedikit pakai nutrilon madu.harga sedikit mahal tapi daya tahan tubuh lumayan ga sakit2n an buang air besar tiap hari lancar,car car… malah tidak pakai vitamin lagi untuk penambah nafsu makan.karena anak kami doyan makan perutnya saja sudah offside, alhamdulilah!

  13. Wah info ini sangat beranfaat buat saya memotong anggaran belanja bulanan dengan cara berhenti beli susu formula, ganti susu cair, susu kambing, susu kedelai, susu ibu yang pasti. Alhamdulillah.

  14. Anak saya minum susu bendera cair dh 3th dan tdk penah ada masalah namun akhir2 ini ko dia sering mencret, apa c efek dari bakteri itu

  15. ank pertma sya mnum bebelac dr lhr..smp skrg usiany 3 thn,apakah bebelac 3 atau 4 jg trkna virus trsbut?kl y akan sy gnt dgn merk lain,kl ank ke 2 sy jg mnm bebelac tp krn bblac jg kna sy gnt s26 yg trnyta kna jg..pusing

  16. pemerintah harus tegas dalam mengurus hal ini, jgn karena uang mulut anda2 terkunci rapat. ini mslh kehidupn penerus bangsa kita ke dpn.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s