Carter: Israel Punya 150 Nuklir, mengapa Iran gak Boleh??


Carter: Israel Punya 150 Nuklir

LONDON – Israel memiliki 150 lebih senjata nuklir. Mantan Presiden AS Jimmy Carter menyampaikan itu dalam jumpa pers pada festival sastra Hay Festival di Wales. Pernyataan tersebut meluncur saat dia ditanya bagaimana seharusnya presiden AS menyikapi prospek nuklir Iran.

Carter lalu menjelaskan pengetahuannya tentang kepemilikan senjata nuklir oleh negara-negara besar. “AS punya lebih dari 12 ribu senjata nuklir, Rusia kira-kira memiliki jumlah yang sama, Inggris dan Prancis punya beberapa ratus, sedangkan Israel memiliki lebih dari 150 senjata nuklir. Kita juga punya roket yang bisa mengirimkan senjata-senjata itu ke sasaran dengan tepat,” papar presiden AS periode 1977-1981 tersebut.

Selama ini, Israel memang diyakini sebagai satu-satunya kekuatan nuklir di Timur Tengah. Namun, mereka tak pernah mengakui kepemilikan senjata nuklir tersebut. AS juga selalu menutupi hal tersebut kepada dunia selama bertahun-tahun.

Dalam jumpa pers pada Minggu (25/5) itu, Carter juga menyatakan bahwa blokade Jalur Gaza merupakan pelanggaran HAM terbesar yang ada di bumi. Ditambahkan, cara Uni Eropa mendukung Palestina juga sangat membingungkan.

Washington, masih menurut penerima Nobel Perdamaian itu, seharusnya berbicara langsung dengan Teheran untuk membujuk mereka melepaskan ambisi nuklir. Kebijakan nuklir yang bertahun-tahun diterapkan AS, termasuk sanksi dan ancaman serangan militer, tidak membuat Iran terbujuk untuk melepas upaya memproduksi pengayaan uranium.

Aharon Zeevi-Farkash, mantan kepala intelijen militer Israel, langsung mengecam komentar Carter tersebut. “Dalam kunjungan terakhirnya ke Timur Tengah, saya lihat dia merasa layak mengatakan hal-hal yang saya pikir tidak bertanggung jawab. Masalahnya, bisa saja akan ada pihak-pihak yang memanfaatkan pernyataan ini ketika mendiskusikan upaya internasional mencegah Iran memiliki senjata nuklir,” urainya.

Carter berkunjung ke Timur Tengah pada pertengahan April. Selama kunjungan tersebut, dia bertemu pemimpin Hamas di Syria untuk membantu memperlancar proses perdamaian antara Israel dan Palestina. PM Israel Ehud Olmert menolak menemui Carter saat mantan presiden AS itu berkunjung ke Israel. (AFP/Rtr/erm/soe)

http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_c&id=343978

Advertisements

One thought on “Carter: Israel Punya 150 Nuklir, mengapa Iran gak Boleh??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s